Pelatihan Network Security di Id-Sirtii

forensik18

Ajakan Manajer saya dan teman satu unit membuat saya akhirnya didaftarkan  dalam pelatihan Id-Sirtii. Id-Sirtii kepanjangannya Indonesia Security Incident Response Team on Internet and Infrastructure/Coordination Center (Id-SIRTII/CC), merupakan lembaga training dan penelitian yang berada dibawah Menkominfo (Kurang lebih begitu).

Saya termasuk kurang begitu perhatian dalam dunia networking, dan akibatnya awam sekali dan harus mengulik dan mengingat lagi apa yang saya lupa, bahkan banyak yang saya tidak tau. Alhasil saya akhirnya merasa banyak tertinggal. Memang, menyesal itu datengnya terakhir, kalo di awal itu namanya pendaftaran :P

Ternyata dalam network forensic banyak aplikasi dan metode untuk mengetahui penyusup dan melakukan pencarian bukti dalam jaringan. Caranya adalah memasang sensor berupa sistem aplikasi, disini mereka mengajarkan sebuah aplikasi Snort. Untuk aplikasi forntend nya mereka membuat sistem aplikasi Matagaruda yang powerfull. Dan beberapa kasus serta pengetahuan lainnya yang dishare disana menambah wawasan saya, dan juga terlihat banyak tertinggalnya saya.

forensik8

Yup, pulang rasanya jadi orang lugu, malu rasanya kalau bicara IT lagi. Tapi ada motivasi rasanya, harus belajar terus. Saya melewatkan banyak hal di dunia IT. Bertemu para IT di perusahaan besar, ada yang dari Indosat, Indomaret, UII dan lain-lain.

Jumat besok mau mengajukan pelatihan dan sertifikasi MTCNA semoga di mudahkan. Biar upgrade kemampuan. Harus kejar ketertinggalan. Bismillah.. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *