Kurang Fokus

image

Setiap pekerjaan memiliki karakter dan tingkat kesulitan yang berbeda. Tapi ketika mood berbicara maka hampir semua setuju kalau mungkin saja pekerjaan A sulit tapi ketika moodnya bagus dan si pekerja senang maka tak terasa sulit. Karena semua menyenangkan.
Hari ini terasa semakin sulit menyelesaikan suatu kerjaan. Saya merasa jenuh. Sifat normal yang tak normal bagi saya. Saya sangat mengerti sifat saya ini. Saya punya kelemahan disini. Saya evaluasi dalam pekerjaan, ternyata parah sekali. Jenuh ternyata bisa terjadi ketika pekerjaan itu terlalu monoton. Saya terpikir bagaimana dengan pekerjaan produksi di sebuah pabrik misalkan. Mereka tiap hari bekerja dengan pekerjaan yang sama, mesin yang sama, masalah yang sama. Bahkan makanan dan minuman mereka sama. Saya kira tak semua orang bisa melakukan hal itu, tapi toh banyak sekali orang yang mengharapkan pekerjaan seperti mereka.

Gaji pokok yang besar dan uang lembur yang menggiurkan, saya pun setuju akan alasan itu. Saya pernah di tawarkan oleh teman ada pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan tapi menjadi buruh sebuah perusahaan mobil terkenal di Indonesia ini. Tapi saya merasa takut untuk melepas pekerjaan tetap saya saat ini, karena belum tentu saya nyaman disana.

Ketika jenuh tak datang mungkin tawaran apapun akan saya tolak dan tak kan bimbang sedikitpun. Apapun itu biarkanlah, saya ingin membahas hal yang lain, tentang Fokus.

Fokus berarti tertuju, fokus berasal dari kata fis yang artinya titik. Fokus memang berarti mata dan pikiran tertuju pada suatu hal. Saya ingin bahas fokus di dunia kerja yang kadang di alami setiap orang yang sedang bekerja atau mencari nafkah bagi hidupnya.

Fokus seseorang bisa saja hilang tatkala pesimis dengan hasil yang ia capai, bisa jadi karena tak adanya bantuan dari orang lain atau memang sulit bagi otaknya memecahkan masalah pekerjaannya. Yang ini memang mental seseorang perlu di uji, apa dia tahan banting atau tidak.

Ada Fokus yang hilang karena terlalu banyak pekerjaan, dan kadang pekerjaan ada loh yang tidak dituntut terlalu fokus, nah orang yang punya emosional terkontrol dan cerdik diperlukan.

Ada beberapa hal lain, tapi kadang fokus juga bisa datang ketika pekerjaan itu memiliki tekanan atau tantangan. Makanya banyak orang mencari tantangan dalam bekerja untuk mendapatkan fokusnya. Dan negara-negara maju mereka cenderung mencari pekerjaan seperti ini. Mereka tak suka menjadi karyawan dan menghabiskan masa tua di satu perusahaan saja, mereka lebih senang menjadi karyawan kontrak dan mencari pekerjaan lain yang baru dan tantangan baru. Tapi berbeda si dengan Indonesia yang sulit mencari pekerjaan, karena etika kerja masih belum membudaya. Saya pun merasa belum bener kerjanya.. :P

Apapun pekerjaan, ingat dunia ini cuma sementara, kewajiban memang mencari nafkah, tapi yang halal itu harga mati, dan satu lagi.. bagaimana pekerjaan itu membuat kita semakin dekat dengan Allah lah yang membuat nyaman dan otomatis fokus pun datang.. semoga bisa bermanfaat.

sisferi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *